• Senin, 5 Desember 2022

Gempa Sukabumi: BMKG Himbau Warga untuk Tidak Terpengaruh Isu

- Selasa, 22 November 2022 | 09:46 WIB
Reruntuhan bangunan akibat gempa Cianjur, Jawa Barat Senin(21/11/2022).  (Dok BNPN)
Reruntuhan bangunan akibat gempa Cianjur, Jawa Barat Senin(21/11/2022). (Dok BNPN)

RISKS - Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat terdampak gempa Sukabumi untuk tidak mempercayai isu liar. Selain itu, BMKG pun berharap warga menghindari bangunan retak akibat dampak gempa.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono memastikan titik gempa Cianjur berada wilayah Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 11 km, Selasa 22 November 2022.

Pusat gempa berada di daratan pada koordinat 6,86° LS ; 107,01° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 11 km.

Baca Juga: BMKG Pastikan Titik Gempa Cianjur Berada di Sukalarang Sukabumi

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," terang Daryono.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ujarnya.

Baca Juga: Perampok Satroni Alfamart Pagedangan, Kasir Ditodong Pistol Revolver

Gempabumi juga dirasakan di Kota Cianjur dengan skala intensitas V - VI MMI dengan getaran yang dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri .

Untuk wilayah Garut dan Sukabumi IV - V MMI, getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun karena guncangan gempa yang dahsyat.

Halaman:

Editor: Doni Marhendro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Meletus, BNPB: 1979 Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 20:57 WIB

Jokowi Lawan Gugatan Uni Eropa Soal Ekspor Nikel

Rabu, 30 November 2022 | 21:27 WIB

Jokowi Mengunjungi Tenda Pengungsi Korban Gempa Sukabumi

Selasa, 22 November 2022 | 18:30 WIB
X