• Senin, 5 Desember 2022

Perda KTR Tangsel: Komunitas Kretek Pertanyakan Ruang untuk Perokok

- Rabu, 23 November 2022 | 11:10 WIB
Ilustrasi Kawasan Tanpa Rokok. Foto: Ilustrasi.net. (Doni/RISKS.)
Ilustrasi Kawasan Tanpa Rokok. Foto: Ilustrasi.net. (Doni/RISKS.)

RISKS - Penegakan Perda nomor 4 tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) mendapat sorotan dari komunitas kretek. Pasalnya, dalam penerapan itu apakah sudah diimbangi dengan keberadaan pengadaan ruang khusus untuk merokok.

Seperti diberitakan sebelumnya, Satpol PP Tangerang Selatan melakukan razia Perda KTR. Dalam razia itu, Satpol PP menyasar 13 sekolah dan mendapati 31 pelanggar yang dilanjutkan dengan pemberian sanksi Tipiring, Rabu 23 November 2022.

Ketua Komunitas Kretek, Jibal Windiaz kepada wartawan menjelaskan terkait penerapan Perda KTR di Tangerang Selatan. Menurut Jibal, dalam penerapan itu sayangnya Satpol PP cuma bertujuan mencari angka pelanggaran saja.

Baca Juga: Merokok Sembarangan Pelanggar Perda KTR di Tangsel Kena Sanksi, Fraksi PSI Angkat Bicara

"Lingkungan pendidikan memang diatur di dalam aturan tentang KTR, sayangnya di tiap praktik razia sebagian besar cuma bertujuan mencari angka pelanggaran. Padahal, kalau kita tanya balik ke pemilik gedung, memangnya ruang untuk perokoknya udah dibuat?," terang Jibal Windiaz.

Baca Juga: Kulit Ayam yang Gurih Ternyata Dapat Meningkatkan Kolestrol

Kendati begitu, Jibal menjelaskan jika Pemkot Tangsel ingin konsisten menegakkan Perda KTR, setidaknya harus mempersiapkan keberadaan ruang merokok bagi para perokok aktif

"Kalau memang mau taat asas dan konsisten untuk penegakan Perda KTR, jauh hari infrastruktur ruang merokok pasti lebih didahulukan. Tapi kalo ruang pendidikan kayak SMP/SMA memang gak bisa sekadar bikin ruang begitu aja, perlu banyak pertimbangan," ujar Jibal.

"Saya setuju, kalau lagi berada di lingkungan golongan rentan seperti anak dan ibu hamil, kita puasa dulu deh dari rokok. Bisa dong," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Doni Marhendro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Meletus, BNPB: 1979 Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 20:57 WIB

Jokowi Lawan Gugatan Uni Eropa Soal Ekspor Nikel

Rabu, 30 November 2022 | 21:27 WIB

Jokowi Mengunjungi Tenda Pengungsi Korban Gempa Sukabumi

Selasa, 22 November 2022 | 18:30 WIB
X