• Senin, 5 Desember 2022

Kepulauan Widi Dilelang Situs Asing, Anak Buah Luhut Angkat Bicara

- Kamis, 24 November 2022 | 08:41 WIB
Ilustrasi. Foto: Pixabay. (Doni/RISKS.)
Ilustrasi. Foto: Pixabay. (Doni/RISKS.)

RISKS - Gugusan pulau di Indonesia yang disebut sebagai Kepulauan Widi akan dilelang oleh situs lelang asing Sotheby's Concierge Auctions yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

Bahkan, lebih dari 100 pulau di Kepulauan Widi dalam pelelangan yang disebut Widi Reserve, itu disebut-sebut tersebar di kawasan seluas 10.000 hektar. Dengan adanya kabar tersebut, anak buah Luhut Binsar Panjaitan pun angkat bicara.

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Jodi Mahardi dalam menanggapi kabar itu menegaskan, bahwa pemerintah Indonesia telah memiliki peraturan undang-undang yang menyatakan bahwa pulau-pulau kecil tidak bisa dimiliki oleh pihak manapun secara utuh.

Baca Juga: Kamu Penikmat Sayap Ayam? Cek Disini dan Kamu Wajib Tahu Ternyata Ada Resikonya

Menurut Jodi, pulau kecil hanya bisa dikelola oleh privat tertentu. Bahkan pengelolaannya pun memiliki batas area tertentu, , Kamis 24 November 2022.

“Pulau kecil hanya bisa dikelola oleh privat atau individu tertentu dengan batasan area maksimal tertentu,” ungkap Jodi dalam keterangan resmibya yang berhasil dikutip RISKS melalui infopublik.

Baca Juga: Perda KTR Tangsel: Komunitas Kretek Pertanyakan Ruang untuk Perokok

Masih menurut Jodi, berdasarkan laporan yang diterimanya Kepulauan Widi tersebut sudah memiliki izin pengelolaan antara pihak swasta dengan pemerintah provinsi setempat.

Izin pengelolaan tersebut diberikan kepada PT Leadership Islands Indonesia (LII) sejak lama, namun kabarnya hingga kini belum ada realisasi pembangunannya hingga kemudian muncul kabar lelang tersebut.

Baca Juga: Merokok Sembarangan Pelanggar Perda KTR di Tangsel Kena Sanksi, Fraksi PSI Angkat Bicara

Halaman:

Editor: Doni Marhendro

Sumber: infopublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Meletus, BNPB: 1979 Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 20:57 WIB

Jokowi Lawan Gugatan Uni Eropa Soal Ekspor Nikel

Rabu, 30 November 2022 | 21:27 WIB

Jokowi Mengunjungi Tenda Pengungsi Korban Gempa Sukabumi

Selasa, 22 November 2022 | 18:30 WIB
X