Putusan PN Tangerang Mengesahkan Pernikahan Beda Agama Jadi Sorotan

- Selasa, 29 November 2022 | 11:54 WIB
Ilustrasi pernikahan. Foto: Pixabay. (Doni/RISKS.)
Ilustrasi pernikahan. Foto: Pixabay. (Doni/RISKS.)

RISKS - Pernikahan beda agama menjadi sorotan publik. Hal itu menyusul adanya putusan Pengadilan Negeri (PN) Tangerang yang mengesahkan pernikahan beda agama pasangan suami-istri (pasutri) berinisial AD dan CM.

Terkait dengan adanya putusan PN Tangerang mengesahkan pernikahan beda agama itu pun mendapat sorotan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa 29 November 2022.

Informasi yang berhasil dihimpun, sebelumnya pria berinisial AD dan perempuan berinisial CM pernah melakukan pernikahan beda agama di Singapura. Pasutri tersebut menikah di Gereja Bukit Batok Presbyterian hurch, Singapura, pada 8 Juni 2022 lalu.

Baca Juga: Pinkan Mambo Nyinyir Urusan Rumah Tangga Lesti Kejora, Mantan Personel Ratu Sarankan Ceraikan Rizky Billar

Bahkan informasinya, pernikahan pasutri tersebut tercatat di Kantor Pencatatan Perkawinan di Singapura atau Registry of Marriages Singapore No. Entry 1120697 yang ditandatangani oleh Rev Tham The To Liong, Deputy Registrar.

Terkait dengan adanya itu, PN Tangerang akhirnya mengabulkan permohonan pasutri berinisial AD dan CM yang telah diajukan ke PN Tangerang pada 13 Oktober lalu.

Atas putusan itu, PN Tangerang pun memerintahkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Tangerang Selatan (Tangsel) untuk mencatatkan dan mendaftarkan pernikahan pasutri tersebut.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Bukan Kode Jokowi Sosok Pemimpin yang Memikirkan Rakyat?

"Menetapkan bahwa Surat Petikan Nomor 0249/KONS-SPP/VI/2022 tertanggal 09 Juni 2022 dari Kedutaan Besar Republik
Indonesia Singapura, yang ditandatangani oleh Budi Kurniawan selaku Protokol dan Konsule, adalah sah dan berlaku mengikat sebagai syarat pendaftaran atau pelaporan perkawinan Para Pemohon," demikian bunyi petikan Majelis Hakim PN Tangerang seperti dikutip RISKS.

Halaman:

Editor: Doni Marhendro

Sumber: PN Tangerang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mohammad Anwar Resmi Pimpin DPD-KAI Banten

Minggu, 29 Januari 2023 | 14:34 WIB

Teka-teki Capres Golkar Terjawab, Ini Sosoknya!

Minggu, 22 Januari 2023 | 11:29 WIB
X