TNI Kirim 4 Alat Canggih dalam Pencarian Helikopter Jatuh Milik Polri

- Rabu, 30 November 2022 | 18:41 WIB
Helikopter Polri. Foto: Dok. Polri. (Doni/RISKS )
Helikopter Polri. Foto: Dok. Polri. (Doni/RISKS )

RISKS - Tim Search and Rescue (SAR) terus melakukan pencarian kru Helikopter milik Polri yang jatuh di Perairan Buku Limau, Belitung Timur, Minggu (27/11/2022) sekitar pukul 14.40 WIB. Dalam pencarian tersebut, TNI kirimkan empat alat canggih.

Informasi yang berhasil dihimpun, sebanyak dua dari empat kru helikopter milik Polri yang jatuh pada Minggu 27 November lalu, kabarnya telah ditemukan. Dengan begitu dua kru lainnya masih dalam pencarian, Rabu 30 November 2022.

Dalam pencarian itu, Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mengirimkan empat alat canggih untuk membantu Search and Rescue (SAR). Alat canggih tersebut diantaranya Ecosounder T50P, Conductivity Temperature Density (CTD), Magneto meter dan Side Scan Sonar.

Baca Juga: Jokowi Temui Pasukan Merah Suku Dayak Menjelang Tahun Politik, Ada Apa?

Ketua Pelaksana SAR Helikopter NBO-105 Register P-1103 Kombes Pol Hendrawan mengatakan bahwa KRI Spica dan KRI Teluk Cirebon akan tiba di perairan Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur sekitar pukul 10.00 WIB. KRI tersebut diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

"Dukungan peralatan canggih sangat diperlukan untuk mendeteksi benda-benda berupa logam yang ada dibawah air. Apalagi jangkauan sonar dari alat ini sangat luas, sehingga bisa mempermudah pencarian," terang Kombes Pol Hendrawan.

Baca Juga: Putusan PN Tangerang Mengesahkan Pernikahan Beda Agama Jadi Sorotan

Kendati demikian, selain alat deteksi bawah air, yang dikirimkan TNI. Pasukan TNI AL juga mengerahkan unsur-unsur yang diantaranya KRI Spica-934, KRI Teluk Cirebon-543, KRI Pulau Rangsang-727.

Selain itu jug ada KRI Pulau Rengat-711, KRI Karotang-872, KRI Siwar-646, KAL Manau dari Lanal Babel, Pesawat udara (Pesud) CN-235 P-8305 dari Puspenerbal, 1 Tim Tanggap Darurat dari Pushidrosal, dan 12 personel Penyelam TNI AL.

Editor: Doni Marhendro

Sumber: infopublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mohammad Anwar Resmi Pimpin DPD-KAI Banten

Minggu, 29 Januari 2023 | 14:34 WIB

Teka-teki Capres Golkar Terjawab, Ini Sosoknya!

Minggu, 22 Januari 2023 | 11:29 WIB
X