Kasus Kekerasan Seksual Masih Tinggi, UU TPKS Dipertanyakan?

- Jumat, 2 Desember 2022 | 17:54 WIB
3 Cara dan Upaya Menangani Kasus Kekerasan Seksual pada Anak (kemenkes)
3 Cara dan Upaya Menangani Kasus Kekerasan Seksual pada Anak (kemenkes)

RISKS - Pengamat hukum Universitas Pamulang (Unpam) Tangerang Selatan, Halimah Humayrah Tuanaya menilai Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) masih belum bisa mewakili menurunnya kasus kekerasan seksual.

Menurut Halimah, sepanjang Januari-November 2022 telah terjadi 1.510 kasus kekerasan seksual terjadi di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Kalimantan, Jumat 2 Desember 2022.

"Forum Pengada Layanan (FPL) merilis angka kekerasan seksual dari 10 Lembaga Anggota FPL di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Kalimantan. Dalam rilis tersebut, sebanyak 1.510 kasus kekerasan seksual terjadi mulai Januari hingga November 2022," terang Halimah Humayrah.

Baca Juga: Tertimpa Tembok Roboh 4 Mobil Rusak Parah

Dosen Hukum Perlindungan Perempuan dan Anak Fakultas Hukum Universitas Pamulang (Unpam), itu pun menjelaskan terkait tingginya kekerasan seksual. Halimah mengatakan, tingginya angka kekerasan seksual itu tidak diketahui secara pasti.

"Tingginya angka kekerasan seksual tidak diketahui secara pasti apa yang menjadi faktor pendorong yang melatarbelakangi banyaknya kasus kekerasan seksual," terang Halimah Humayrah.

"Namun secara sederhana, tingginya angka kekerasan seksual dapat ditafsirkan memang telah banyak terjadi kasus kekerasan seksual di empat provinsi tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Diduga Sakit Parah, Warga Villa Melati Mas Serpong Utara Ditemukan Meninggal Didalam Rumah

Kendati demikian, menurut Halimah, bahwa UU TPKS yang sudah disahkan belum memberikan dampak berkurangnya kasus kekerasan seksual. UU TPKS, kata dia, telah memandatkan pemerintah untuk menyusun berbagai peraturan pelaksanaannya.

Halaman:

Editor: Doni Marhendro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mohammad Anwar Resmi Pimpin DPD-KAI Banten

Minggu, 29 Januari 2023 | 14:34 WIB

Teka-teki Capres Golkar Terjawab, Ini Sosoknya!

Minggu, 22 Januari 2023 | 11:29 WIB
X