Ingat Nih! Usulan Jabatan Kades 9 Tahun Pemahaman Salah?

- Minggu, 22 Januari 2023 | 14:50 WIB
Kepala Desa Bayah Timur, Rafik Rahmat Taufik. Foto: Ist. (Doni/RISKS )
Kepala Desa Bayah Timur, Rafik Rahmat Taufik. Foto: Ist. (Doni/RISKS )

RISKS - Kepala Desa (Kades) di seluruh Indonesia tengah ramai-ramai membahas tuntutan perubahan jabatan dari 6 tahun menjadi 9 tahun. Namun usulan itu justru tak membuat seluruh Kades setuju, sebab ada beberapa Kades menganggap jika usulan itu ditetapkan akan tidak ada regenerasi.

Kepala Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Rafik Rahmat Taufik menjelaskan ada pemahaman yang salah jika jabatan Kades 9 tahun disahkan.

"Ada asas non retroaktif, yang artinya Undang Undang tidak berlaku surut. Jadi tidak secara otomatis saat UU soal masa jabatan disahkan jadi 9 tahun, Kades yang saat ini menjabat akan otomatis bertambah masa jabatannya. Itu pemahaman yang salah menurut saya," terang Rafik Rahmat Taufik kepada RISKS, Minggu 22 Januari 2023.

Baca Juga: Ada Alasan Kesehatan Ridwan Saidbun di Balik Ambisinya Membangun Pabrik Sepatu Bocorocco di Indonesia

Dengan begitu, Rafik membeberkan, lamanya masa jabatan tidak menjadi alasan bagi Kades untuk memaksimalkan kinerjanya. Sebab, jika masa jabatan 6 tahun maupun 9 tahun pun akan percuma jika kualitas dan komitmen Kades minim.

"Mau 6 tahun, 9 tahun atau 10 tahun sekalipun, jika kualitas dan komitmen para Kades minim dalam menjalankan Tupoksinya, ya percuma saja," jelas Rafik.

"Yang ada malah jadi mubazir dan akan timbul persoalan baru di desa. Lamanya periodisasi tidak menjadi jaminan desa akan maju, karena dikembalikan ke kualitas Kadesnya," ujarnya.

Baca Juga: Aksi Pria Curi BH di Kost Wanita Ketahuan, Begini Nasibnya

Kendati demikian, Rafik menegaskan jika 9 tahun ditetapkan, tidak akan ada regenerasi kepemimpinan di tingkat desa. Padahal perpolitikan yang sebenarnya itu, kata Rafik, ada di desa.

Halaman:

Editor: Doni Marhendro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mohammad Anwar Resmi Pimpin DPD-KAI Banten

Minggu, 29 Januari 2023 | 14:34 WIB

Teka-teki Capres Golkar Terjawab, Ini Sosoknya!

Minggu, 22 Januari 2023 | 11:29 WIB
X