Prediksi Jepang vs Kosta Rika: Pasukan Nippon di Atas Angin

- Minggu, 27 November 2022 | 10:27 WIB
Ilustrasi RISKS.ID
Ilustrasi RISKS.ID

JAKARTA- Jepang dalam optimisme tinggi usai membekap Jerman 2-1 di laga perdana Grup E. Padahal, saat itu banyak yang memprediksi Jepang bakal jadi bulan-bulanan der Panzer.

Kini, Pasukan Nippon bakal bentrok melawan Kosta Rika yang di laga perdana dihancurkan Spanyol. Duel akan digelar Minggu (27/11) pukul 17.00 WIB nanti.

Melawan Kosta Rika, Jepang butuh hasil maksimal jika ingin lolos ke babak 16 besar. Pun demikian dengan Kosta Rika, Kyloir Navas dkk butuh poin maksimal jika masih ingin menjaga asa lolos babak knock out.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Piala Dunia Tadi Malam: Prancis Tim Pertama Lolos 16 Besar

Di atas kertas, kekuatan Kosta Rika jauh di bawah Jerman. Namun, Takefusa Kubo dkk tak boleh lengah dengan kebangkitan Kosta Rika.

Jepang harus mengungat Iran yang bangkit mengalahkan Wales dalam pertandingan kedua setelah diluluhlantakkan oleh Inggris 2-6.

Ini adalah contoh nyata situasi terpojok bisa memicu munculnya energi lebih yang membuat harapan hidup kembali.

Kosta Rika pastinya melihat kebangkitan Iran itu sebagai benchmark untuk membangun kembali kepercayaan diri setelah dikoyak habis oleh Spanyol dalam laga pertama.

Namun pelatih Kosta Rika Luis Fernando Suarez mengakui memulihkan mental setelah kalah begitu besar adalah pekerjaan yang teramat sulit.

"Saya khawatir secara mental tim kami tidak bisa keluar dari keterpurukan," kata Suarez.

Yang membedakan Kosta Rika dari Iran adalah tiadanya penonton dalam jumlah besar yang terus-terusan menyokong mereka dari seisi stadion.

Baca Juga: Preview Iran vs Wales: Usung Semangat Asia

Namun di lapangan, untuk membalikkan keadaan seperti Iran, Suarez akan meminta lagi peran pemain-pemain veteran yang pernah membawa Kosta Rika ke perempatfinal Piala Dunia 2014 setelah memuncaki sebuah grup yang juga dihuni tim-tim raksasa saat itu, yakni Inggris, Italia dan Uruguay.

Ini tantangan berat, apalagi Jepang dalam semangat dan optimisme yang jauh lebih tinggi ketika memasuki lapangan untuk menghadapi tantangan Kosta Rika nanti.

Mereka akan kembali mengandalkan enam pemain Bundesliga termasuk pemain Freiburg Ritsu Doan dan pemain VfL Bochum Takuma Asano yang mempersembahkan dua gol kepada tim Asia itu saat menghadapi Jerman.

Jepang juga melihat Kosta Rika sebagai lawan yang tak terlalu memberikan ujian seberat Jerman. Menang akan membuat langkah Jepang semakin ringan dan menjadi tim Asia pertama.yang mencapai babak knockout Piala Dunia 2022.

Ketika itu bisa mereka lakukan, maka pertandingan melawan Spanyol dalam laga terakhir fase grup tiga hari ke depan akan dipandang Jepang tidak lagi pertarungan David melawan Goliath, sebaliknya akan dijalani dengan suka cita tanpa beban

Tetapi sebelum itu, mereka harus menang melawan Kosta Rika. Sebaliknya, bagi Kosta Rika, tak ada yang bisa menjamin mereka bertahan di Qatar, kecuali mengalahkan Jepang.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Piala Dunia Tadi Malam: Korsel Oke, Portugal dan Brasil Mantap

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Kosta Rika: Keylor Navas; Kendall Waston, Francisco Calvo, Oscar Duarte, Bryan Oviedo; Yeltsin Tejeda, Celso Borges; Jewison Bennette, Keysher Fuller; Joel Campbell, Anthony Contreras

Jepang:Shuichi Gonda; Takehiro Tomiyasu, Kou Itakura, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo; Wataru Endo, Ao Tanaka; Junya Ito, Daichi Kamada,Takefusa Kubo; Takuma Asano

Editor: Wahyu Sakti Awan

Artikel Terkait

Terkini

Hantam Vietnam 1-0, Thailand Juara Piala AFF 2022

Senin, 16 Januari 2023 | 21:46 WIB

Erick Thohir Resmi Daftar Calon Ketum PSSI

Minggu, 15 Januari 2023 | 13:34 WIB

Hasil Pertandingan Serie A: Hasil Berbeda Duo Milan

Minggu, 15 Januari 2023 | 10:54 WIB

Leg 1 Final Piala AFF: Thailand Imbangi Vietnam 2-2

Sabtu, 14 Januari 2023 | 07:06 WIB

Hasil Serie A: Napoli Kokoh di Puncak, Milan Imbang

Senin, 9 Januari 2023 | 10:37 WIB

Hasil LaLiga Spanyol: Barcelona Kokoh di Puncak

Senin, 9 Januari 2023 | 07:09 WIB
X