Lagu 'Bento' Iwan Fals Apakah Punya Arti Membenci Soeharto? Cek Faktanya Disini

- Sabtu, 26 November 2022 | 17:35 WIB
Iwan Fals 'Bento'. Foto: tangkapan layar YouTube  (Doni/RISKS.)
Iwan Fals 'Bento'. Foto: tangkapan layar YouTube (Doni/RISKS.)

RISKS - Iwan Fals, nama yang satu ini pastinya kebanyakan orang di Indonesia pasti mengenalnya. Sebab, pemilik nama lengkap Virgiawan Liestanto tersebut merupakan salah satu musisi, penyanyi, pencipta lagu dan kritikus legendaris di Indonesia.

Nah yang menjadi perbincangan kali ini adalah salah satu lagunya yang diciptakan sendiri oleh Iwan Fals bersama almarhum Naniel, yakni lagu berjudul Bento. Pasalnya, lagi ini dinilai sangat kontroversi lantaran lagu tersebut banyak yang menganggap memiliki arti membenci Soeharto.

Salah satu alasan, sebab lagu tersebut diciptakan dan mulai tenar disaat kepemimpinan Presiden Soeharto. Namun benarkah lagu Bento tersebut memiliki arti membenci Soeharto? Yuk simak cek faktanya, Sabtu 26 Desember 2022.

Baca Juga: Finalisasi Tangsel Creative Awards Dipersiapkan, Ini Lokasinya

Informasi yang berhasil dikutip RISKS dari siaran Kick Andy Metro TV melalui YouTube mf 81, akhirnya mengungkap fakta dibalik lagu Bento yang dinyanyikan Iwan Fals. Sebab, banyak orang menganggap lagu Bento itu kependekan dari kata Benci Soeharto.

"Saya kalau membenci nggak, cuma memang bosen. Karena terlalu lama ya (menjabatnya,red) saat itu aku nggak ngerti politik," terang Iwan Fals seperti dikutip RISKS melalu akun YouTube mf 81.

"Saya tidak ngerti teknis segala macam, ada rasa keinginan dan ingin suasana yang baru. Mungkin juga lagu Bento menjadi santapan pers dan bisa menjadi plesetan-plesetan banyak orang," ujarnya.

Baca Juga: 14 Link Twibbon Menarik HUT Ke 14 Tangsel

Meski begitu, Iwan Fals menjelaskan bahwa Bento terinspirasi merupakan dari adanya salah satu fenomena-fenomena seperti munculnya real estate saat era kepemimpinan Presiden Soeharto.

Halaman:

Editor: Doni Marhendro

Sumber: YouTube Kick Andy Show

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CERITA HOROR: Dikuntit Hantu Pingkan dari Kota Serang

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:15 WIB

Bacaan Doa Hari Sabtu yang Dianjurkan Rasulullah

Sabtu, 14 Januari 2023 | 05:47 WIB
X